Pada penulisan kali ini, saya akan coba membuat penulisan project dari mata kuliah Pengantar Teknologi
Game. Disini saya akan mencantumkan pengertian dan penjelasan singkat
mengenai arti dari setiap point pada penulisan ini. Point-point tersebut
diantaranya: Project Name, Project Owner, Project Charter, Project Manager dan Documentasi. Berikut rincian pengertiannya:
1. Project Name
Sebuah project adalah suatu kegiatan yang dilakukan pada saat
tertentu untuk mendapatkan khususnya tujuan organisasi dengan batasan
waktu dan biaya. Seseorang atau sekelompok orang yang ingin membuat
suatu project pasti harus mengetahui project apa atau tema apa yang akan
mereka ambil, ini merupakan langkah awal pembuatan project. Maka, dalam
penulisannya project name merupakan awal pembuatan penulisan ini,
project name adalah nama dari project itu sendiri.
2. Project Owner
Owner atau pemilik dalam bahasa indonesia. Dengan kata lain, Project Owner merupakan seseorang
atau instansi yang memiliki proyek atau pekerjaan dan memberikanya
kepada pihak lain yang mampu melaksanakannya sesuai dengan perjanjian
kontrak kerja. Untuk merealisasikan proyek, seorang owner memiliki
kewajiban pokok untuk memberikan dana untuk membiayai proyek.
3. Project Charter
Project Charter adalah dokumen yang dibuat oleh sponsor atau project initiator yang
secara formal mempunyai kewenangan atas suatu project, dan memberikan
kewenangan kepada project manager untuk menggunakan resource pada
aktivitas-aktivitas project. Selain itu, project charter juga mencakup elemen-elemen persiapan
dari skup project (mencakup yang termasuk dan tidak termasuk di dalam
project). Project charter juga membantu untuk mengkontrol perubahan
terhadap skup selama project berlangsung.
Project Charter merupakan gambaran secara umum project yang akan dilaksanakan, project charter juga merupakan alat untuk mencapai kesepakatan di antara para stakeholder mengenai aspek-aspek utama di dalam project seperti tujuan, skup, deliverables, dan sumberdaya yang dibutuhkan. Project charter membantu dalam mengambil keputusan dan bisa juga sebagai alat komunikasi.
4. Project Manager
Hal utama yang harus dilakukan oleh Project Manager adalah berhubungan
langsung dengan tim proyek untuk pihak luar. Mereka bertanggung jawab
untuk memberikan laporan mengenai rencana dan program ada kepada user,
manajer tingkat atas dan kepada siapa saja yang memerlukan.
Tanggung Jawab Project Manager Secara Khusus Dalam Setiap Fase: Definisi (Definition), Analisis (Analysis), 3. Disain (Design), Pemrograman (programming), Sistem integrasi dan Tes (system integration And Test), Penerimaan (Acceptance), dan Operasi (Operation)
Tanggung Jawab Project Manager Secara Khusus Dalam Setiap Fase: Definisi (Definition), Analisis (Analysis), 3. Disain (Design), Pemrograman (programming), Sistem integrasi dan Tes (system integration And Test), Penerimaan (Acceptance), dan Operasi (Operation)
Project Manager dibagi lagi dalan beberapa bagian, diantaranya:
a. Bisnis Analis
Business Analyst yang
seringnya kita singkat sebagai BA adalah orang yang bertanggung jawab
dalam menerima dan mengumpulkan info business problem dari client &
stakeholder, menganalisanya dan kemudian menterjemahkannya kedalam
bentuk spesifikasi yang kemudian disetujui oleh pihak client dan bisa
dimengerti oleh para programmernya.
b. Fungsional
Perkataan fungsi digunakan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, menunjukkan kepada aktivitas dan dinamika manusia dalam mencapai tujuan hidupnya. Dilihat dari tujuan hidup, kegiatan manusia merupakan fungsi dan mempunyai fungsi. Secara kualitatif fungsi dilihat dari segi kegunaan dan manfaat seseorang, kelompok, organisasi atau asosiasi tertentu. Jadi, Fungsional sendiri merupakan kegunaan menurut fungsi dan kedudukannya.
Perkataan fungsi digunakan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, menunjukkan kepada aktivitas dan dinamika manusia dalam mencapai tujuan hidupnya. Dilihat dari tujuan hidup, kegiatan manusia merupakan fungsi dan mempunyai fungsi. Secara kualitatif fungsi dilihat dari segi kegunaan dan manfaat seseorang, kelompok, organisasi atau asosiasi tertentu. Jadi, Fungsional sendiri merupakan kegunaan menurut fungsi dan kedudukannya.
c. QA (Quality Assurance)
QA atau Quality Assurance (Penjamin Kualitas) adalah meyakinkan/menjamin secara kualitas dengan suatu
sistematis kerja dan keterbukaan untuk keberhasilan suatu pekerjaan
secara keseluruhan organisasi di setiap lini dengan melalui sistem
control.
d. User and Accept Test (UAT)
UAT adalah sebuah proses untuk mendapatkan konfirmasi dari seorang SME – Subject Matter Expert
(ahli di bidangnya), terutama pemilik atau klien yang mengerti tentang
objek yang sedang dalam phase pengetesan, melalui trial atau review yang
mofikasi & tambahannya sesuai dengan requirement yang sudah
disetujui sebelumnya. Dalam software development, UAT merupakan tahap terakhir dari sebuah
project dan dilaksanakan sebelum klien menerima dan mengaplikasikan
sistem baru tersebut.
e. System Analist
Analis sistem adalah seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian,
perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat
lunak dan sistem
yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
Analis sistem memegang peranan yang sangat penting dalam proses
pengembangan sistem. Seorang analis sistem harus memiliki setidaknya
empat keahlian: analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal
(berkomunikasi dengan orang lain).
System Analist meliputi:
- Development System
Adalah tahapan-tahapan pekerjaan yang dilakukan oleh analis sistem dan
programmer dalam membangun sistem informasi. Development System adalah
keseluruhan proses dalam membangun sistem melalui beberapa langkah.
f. Bagian-bagian dari Development System, terdapat Programmer, Designer, dan DBA. Berikut rinciannya:
> Programmer
Programmer adalah orang yang bekerja membuat atau merancang sebuah
system untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia yang menggunakan
media Komputer.Programmer
adalah individu yang bertugas dalam hal rincian implementasi,
pengemasan, dan modifikasi algoritma serta struktur data, dituliskan
dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu.
> Designer
Designer adalah seorang perancang atau orang yang mendesain sesuatu, namun desainer lebih lekat kaitannya dengan profesional yang bekerja
dilingkup desain yang bekerja untuk merancang sesuatu yang menggabungkan
atau bereksplorasi dalam hal estetika dan teknologi. Desainer menjadi
kata depan untuk menspesifikasi bentuk pekerjaan apa yang secara
profesional digarapnya, seperti desainer fashion, desainer komunikasi
visual, desainer interior, desainer grafis, dan sebagainya.
> DBA (Database Administrator)
Seorang database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab
untuk desain, pelaksanaan, pemeliharaan dan perbaikan database
organisasi. Mereka juga dikenal dengan Database Programmer, dan terkait
erat dengan Database Analyst, Database Modeler, Programmer Analyst, dan
Systems Manager. Peran mencakup pengembangan dan desain database,
pemantauan dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database, dan
perencanaan kebutuhan perluasan di masa depan.
g. Release Strategy
Strategi sendiri adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan
dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas
dalam kurun waktu tertentu. Jadi Strategi Rilis adalah sebuah cara untuk mencapai tujuan rilis dari produk apa yang tengah dipasarkan.
h. Release Application
Sementara itu release application merupakan rilisnya atau munculnya sebuah aplikasi atau prduk yang akan dipasarkan.
5. Dokumentasi
a. Check Sheet QA
Check Sheet adalah cara yang terstruktur cara untuk mengumpulkan data sebagai bahan untuk
menilai proses atau sebagai masukan untuk analisis lain. Check sheet
dapat didefiniskan sebagai lembar yang dirancang
sederhana berisi daftar hal-hal yang perlukan untuk tujuan perekaman
data sehingga pengguna dapat mengumpulkan data dengan mudah, sistematis,
dan teratur pada saat data itu muncul di lokasi kejadian. Data dalam
check sheet
baik berbentuk data kuantitatif maupun kualitatif dapat dianalisis
secara cepat (langsung) atau menjadi masukan data untuk peralatan
kualitas lain, misal untuk masukan data Pareto chart.
b. Design Form
Design adalah sebuah hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu
berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata. Disini
Design Form merupakan sebuah ilustrasi tata letak dari proyek itu
sendiri. Design Form dibuat oleh seorang Designer, yang sudah dijelaskan
diatas.
c. Project Schedule / Timeline
Project Schedule atau jadwal proyek dibuat oleh project manager
untuk mengatur manusia di dalam proyek dan menunjukkan kepada
organisasi bagaimana pekerjaan (proyek) akan dilaksanakan. Ini
adalah alat untuk memantau (bagi project manager) apakah proyek
dan tim masih terkendali atau tidak.
Project schedule berbentuk kalender yang dihubungkan dengan pekerjaan
yang harus dikerjakan dan daftar resource yang dibutuhkan. Sebelum
jadwal dibuat, WBS harus terlebih dahulu ada, jika tidak maka jadwal
tersebut akan terkesan mengada-ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar