PURCHASE
Purchase Digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang dagangan
yang tercantum dalam Inventory Card. Dengan memanfaatkan modul purchase perusahaan dapat
memasukan pemebelian, mencatat pembelian berulang, menyiapkan pesanan
pembelian, menerima barang dagangan yang telah dipesan, memeriksa barang yang
dibeli agar sesuai spesifikasi yang dipesan, melakukan pembayaran yang tepat
waktu terhadap pemasok dan mengelola usaha secara terperinci dan akurat.
Pada Laporan
Akhir kali ini akan dibuat purchase dan sales sesuai dengan data yang ada di
dokumen Ms.Word.
1.
Langkah pertama kita
buka program MYOB, pilih open untuk
membuka file yang telah ada sebelumnya. Disini saya menggunakan data PT.SOFTKEY
INSTRUMENT . jika ingin membuat data baru, klik Create. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti berikut :
Pilih Purchase lalu pilih Enter
Purchase , lalu ubah menjadi QUOTE.
Form ini berguna untuk membuat permohonan atas
pembelian suatu barang(item). Pada
bagian supplier kita ganti dengan JAVA INSTRUMENT. Pada bagian layout ganti
dengan item. Kemudian isi Received, Item Number, Description dan Price sesuai
dengan data yang. Tampilan pada QUOTE
seperti ini :
2. Untuk purchase yang ke dua, kita
ganti dengan BILL. Enter
bills adalah kegiatan memasukkan tagihan yang diterima
dari supplier kehutang perusahaan. Kemudian ubah supplier dengan PERMATA
SOLUTION, lalu Date, dan data lainnya sesuai dengan data. Tampilan purchase BILL akan menjadi seperti berikut :
3.
Setelah itu pada bagian
ORDER, ubah Supplier, Date, dan data lainnya sesuai dengan data. Form order digunakan untuk membuat pesanan
atas pembelian suatu barang (item). Tampilan purchase ORDER akan menjadi seperti berikut :
Selesaikan
semua data yang ada pada Ms.Word, dan save semua data yang telah dibuat. Untuk
melihat data yang telah di save klik Purchase Register pilih Reccuring
Templates. Data-data yang telah disimpan, yakni seperti berikut:
By: Handoko Karullah Hadi Putra (57411979/2IA22)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar