Minggu, 11 November 2012

Multimedia



 Apa sih yang di maksud multimedia itu ? Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak ( video dan animasi ) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan berimajinasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dari multi media kita bias mengembangkan potensi kreasi yang kita miliki dengan menggunakan teknologi yang ada. Sehingga apa yang kita buat menjadi lebih atraktif dan menarik.

Sejarah Multimedia
Suyanto ( 2003 : 19 ) menyatakan bahwa istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium sering kali disebut pertunjukan multimedia. Pertunjukan multimedia mencakup monitor video dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an, sejak permulaan tersebut hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Pada tahun 1994 diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran. 

Objek Multimedia
Berdasarkan objek multi media terbagi menjadi:

A, Text
Text dalam istilah  pengkomputer adalah suatu jenis berkas komputer yang berupa teks tidak terformat. Berkas ini biasanya hanya mengandung teks-teks yang diformat dengan menggunakan pengkodean ASCII. Berkas ini hanya terdiri atas karakter, angka, tanda baca, tabulasi, dan karakter pemisah baris (carriage return). Dalam berkas ASCII, tidak ada pemformatan yang ekstensif seperti dalam dokumen Microsoft Word atau Rich Text Format, melainkan pemformatan yang digunakan hanyalah pemformatan standar yakni ASCII.
Mungkin anda bertanya-tanya apa itu ASCII ? ASCCI merupakan suatu standar internasional dalam kode huruf dan simbol seperti Hex dan Unicode tetapi ASCII lebih bersifat universal, contohnya 124 adalah untuk karakter "|". Sekian penjelasan singkat dari pengertian ASCII. Dan berikut adalah ekstensi yang digunakaan dalam penyimpanan suatu Text, yakni: .txt (default), .bat, .cmd, .ini, .inf, dan masih banyak lainnya.
 
B. Image.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, gambar adalah suatu representasi barang (manusia, hewan, tumbuhan, dsb) yang dibuat atau diciptakan melalui goresan pada sebuah media yang ada seperti: pensil, kuas, mouse pada computer, bahkan pisau sekalipun. Gambar dapat dibuat oleh siapa saja dalam artian kalangan dan usia. Dan seiring perkembangan zaman gambarpun dibuat sedemikian mirip dengan yang asli yaitu berupa hasil dari sebuah camera yang hasilnya itu dicetak dalam kertas khusus. Dan terdapat pula jenis-jenis ekstensi dari gambar yang biasanya kita temui di photoshop dan aplikasi gambar lainnya. Berikut adalah jenis dan penjelasaannya:
1. JPG (Joint Photographic Experts Group)
Format ini mengkompres file dengan menghilangkan detail. Format file ini sering digunakan oleh JPG, PDF, dan format yang menggunakan bahasa postscript. Kompresi ini sangat baik digunakan untuk gambar dengan continous tone seperti foto. Contoh dari JPEG:  



2. PNG
Format file ini digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. Kelebihan dari format file ini dibandingkan dengan GIF adalah kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit serta mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang halus. Contoh dari PNG:


3. TIFF
Format file ini dapat menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic). Sangat bgus dalam grafis.

 4. GIF
Format file ini merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet. Format file mampu menyimpan animasi dua dimensi yang akan dipublikasikan pada internet, desain halaman web dan publikasi elektronik.

5. PSD
Format ini dapat menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali.

6. EPS (Encapsuled Postcript)
Keunggulan format file ini menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak.

C. Audio
Audio atau suara merupakan salah satu dari elemen multimedia yang dapat memperjelas suatu informasi yang dibuat dari perubahan tekanan udara yang menjangkau gendang telinga manusia. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek ( sound effect ) . Salah satu bentuk bunyi yang bisa digunakan dalam produksi multimedia adalah Waveform Audio yang merupakan format file audio yang berbentuk digital. Kualitas produknya bergantung pada sampling rate ( banyaknya sampel per detik) . Waveform ( wav ) merupakan standar untuk Windows PC.

Berbagai macam audio yang masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda seperti berikut ini:
 Audio Visual Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater dan sebagainya. 
 Audio Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan  radio.
 Audio Response Suara yang dihasilkan oleh komputer. Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.  
 Audio Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya.
 Audio Modem Riser Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio. 

Jenis-jenis ekstensi pada audio sebagai berikut:
a.      AAC ( Advance Audio Codec )
format audio yang dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group ( Fraunhofer Institute, Dolby, Sony, Nokia dan AT&T ) untuk menggantikan MP3. Ini perluasan dari MPEG-2 standard dan mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan MP3, kompresi yang lebih effisien dengan kualitas suara audio yang lebih baik.

b.      AIFF ( Audio Interchange File Format )
format file yang tidak dikompres, yang dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan platform Unix.

c.       MP3 ( MPEG-1/2 Audio Layer 3 )
format audio yang paling populer. Menggunakan algoritma audio lossy compression untuk mengurangi ukuran file, sambil memproduksi kembali lagi aslinya. MP3 dikembangkan di German Fraunhofer Institute dan berbasis format MPEG ( lihat format video) dan dapat berjalan di semua platform.

d.      RA (Real Audio)
            codec audio yang dikembangkan oleh Real Networks pada tahun 1995. Codec ini awalnya dikembangkan untuk transmisi bandwith rendah. Dapat digunakan untuk streaming informasi audio dan dapat berjalan saat file audio tersebut masih didownload. RealAudio banyak digunakan oleh statiun radio untuk streaming program-program mereka via internet secara real time.

e.       WAV ( Waveform Audio Format )
standar audio yang dikembangkan oleh Microsoft dan IBM, WAV dan juga merupakan salah satu format audio yang dipergunakan di dalam ponsel dalam format ini biasanya berukuran besar karena tidak dikompresi.

f.       WMA ( Window Media Audio )
salah satu format audio yang dikembangkan oleh Microsoft. Kualitas musik yang ditawarkan format WMA lebih baik daripada MP3. Peranti lunak dan peranti keras terbaru umumnya mendukung format ini. Namun dukungan ponsel belum seluas format MP3.

g.      MIDI ( Musical Instrument Digital Interface )
file suara yang hanya terdiri dari bunyi alat musik. Format audio satu ini lebih cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer atar peranti elektronik lainnya, tetapi tidak cocok untuk hasil konversi dari suara analog karena tidak terlalu akurat. File dengan format ini berukuran kecil dan sering digunakan dalam ponsel sebagai ringtone.

D. Video

Video merupakan unsur multimedia paling kompleks karena penyampaian informasi yang lebih komunikatif dibandingkan gambar biasa. Walaupun terdiri dari elemen-elemen yang sama seperti grafik, suara dan teks, namun bentuk video berbeda dengan animasi. Perbedaan terletak pada penyajiannya. Dalam video, informasi yang disajikan terlihat seperti kenyataan dari suatu objek yang sudah dimodifikasi. Contoh dari Video:

1.      MACAM-MACAM VIDEO
                       
a.      Video IP
Adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog.
b.      Videotex
Istilah yang dibuat Iitu untuk menjelaskan peralatan TV yang digunakan untuk menampilkan data berbasis komputer, baik dikirimkan lewat telepon atau lewat kanal pemancar.
c.       Video Out Fitur
pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitor dan menampilkan citra digital di layar video.
d.      Video RAM
Disingkat dengan VRAM. Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.
e.       Videotext
 Suatu kemampuan untuk mengirimkan mentransmisikan secara dua arah dari suatu gambar dan suara.


E. Animasi.
Animasi adalah hasil dari pengolahan gambar yang dibuat dengan proses yang sangat cepat sehingga terlihat bergerak seperti rekaman video. Proses pembuatan animasi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Proses Konvensional.
Proses ini membutuhkan biaya yang cukup mahal. Dan dalam hal perbaikan, proses ini membutuhkan waktu 2 hari untuk perbaikannya.
2. Proses Digital.
            Dibandingkan dengan proses konvesional, proses digital jauh lebih efisien dari segi biaya yang cukup ringan dan dalam hal perbaikan proses ini membutuhkan waktu 30-45 menit.

Dalam perkembangannya animasi terdiri dari 2 jenis yakni:
1.      Animasi 2 Dimensi(2D).
Jenis animasi ini menggunakan teknik penggabungan sketsa gambar yang dikonversi animasi flash ke CD. Dan dari segi gambar animasi 2D ini masih terlihat seperti gambaran yang di buat oleh tangan manusia yang telah bergerak. Sedangkan,
2.       Animasi 3 Dimensi(3D).
Jenis animasi ini terlihat jauh berbeda dari segi teknik suara, gambar, dan lebih nyata bentuk gambaran benda yang mati hingga digerakkan. Teknologi ini menggunakan  penggabungan dua animasi  yang sama, sehingga menjadi animasi dalam bentuk 3 dimensi.



1 komentar:

  1. How to make money from betting on horse racing - Work
    A £10 bet gives you £20 หาเงินออนไลน์ in free bets (no wagering requirement or max bet) on horse racing. It's a free-to-play horse racing bet with no deposit.

    BalasHapus