Jumat, 04 November 2011

Kecemburuan Sosial DI Dalam Sebuah Keluarga


Masalah sosial.. Masalah sosial merupakan masalah yang muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Sedangkan Menurut Soerjono Soekanto, masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

Masalah sosial dapat terjadi di mana saja dan pada siapa saja atau kelompok seperti apa saja. Kali ini, saya akan membahas mengenai masalah sosial yang terjadi dalam lingkup yang paling sederhana di dalam kelompok sosial, yakni di dalam sebuah “Keluarga”. Keluarga adalah lingkungan di mana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah. Keluarga terdiri dari Ayah, Ibu, dan Anak. Salah satu masalah sosial yang biasa terjadi di dalam sebuah keluarga adalah “Kecemburuan Sosial” antara Anak Pertama dengan Anak Kedua. Mengapa demikian? Hal ini dapat terjadi, karena biasanya menurut pengalaman beberapa orang, Anak pertama akan jauh lebih banyak mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari kedua orangtuanya dibandingkan dengan Anak Kedua. Entah Apa hal pasti yang mendasari orang berpersepsi seperti demikian?

Pada dasarnya, tidak ada orangtua manapun yang berpikiran untuk membeda-bedakan kasih sayang dan perhatian kepada anak-anaknya. Hal ini dapat dibuktikan, jikalau mereka tidak menyayangi anak-anaknya untuk apa mereka merawat, menjaga, dan mendidik anaknya hingga besar dan menjadi pribadi yang lebih baik. Perbedaan kasih sayang yang terjadi, biasanya dikarenakan orangtua menginginkan hal yang terbaik untuk anak-anaknya khususnya “Anak Pertama”, karena jikalau anak pertama mereka bisa menjadi seseorang yang baik dan sukses, diharapkan anak keduanya dapat mengikiuti jejak atau langkah dari kesuksesan anak pertamanya. Tapi, sayangnya tindakan ini kerap kali disalah artikan oleh “Anak Kedua”.

Walaupun sampai benar-benar anak kedua masih merasakan perbedaan tindakan hal seperti itu, sudah barang tentu dia harus berbicara terbuka kepada kedua orangtua dan kakaknya (anak pertama). Hal ini dimaksudkan, agar tidak ada lagi kesalahpahaman yang berujung dengan kecumburuan sosial antara Anak Pertama dengan Anak Kedua. Oleh karena itulah, komunikasi di dalam sebuah hubungan, bahkan dalam sebuah keluarga adalah merupakan hal yang wajib diprioritaskan, selain itu asas demokrasi berpendapat pun harus ikut di tanamkan dan dijalankan agar membuat hubungan antar anggota di dalam sebuah keluarga tersebut dapat tetap utuh, harmonis, saling menyayangi, menghargai, dan saling menghormati sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.

Demikianlah, pembahasan mengenai masalah sosial dalam lingkup keluarga, yakni kecumburuan sosial dalam taraf sederhana antara Anak Pertama dengan Anak kedua, yang biasa terjadi di lingkungan sekitar kita. Semoga dengan adanya pembahasan ini, bisa mebuat kita lebih berpikir postif terhadap orang lain sebelum kita mengetahui benar apa yang mereka lakukan atau perbuat terhadap diri kita.


Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga
http://organisasi.org/definisi-pengertian-masalah-sosial-dan-jenis-macam-masalah-sosial-dalam-masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar