Jumat, 04 November 2011

Semangat dan Kegigihan Dalam Mencapai Suatu Keinginan


Aktualisasi diri itu sendiri adalah kebutuhan naluriah pada manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa. Dari sebab itu, tidak menutup kemungkinan jika aktualisasi dalam diri setiap manusia memberikan dampak yang tidak baik atau bahkan menyimpang menjadi masalah sosial yang ada di lingkungan kita sekarang. Berikut, beberapa contoh masalah sosial akibat dari penyimpangan aktualisasi diri , diantaranya :

1.     Menjadikan diri setiap manusia akan lebih cenderung memikirkan dirinya sendiri  (egois)
2.     Berkurangnya interaksi antara dia daengan orang lain..
3.     Cenderung menutup diri
4.     Akan berusaha apapun hingga keinginannya tercapai, dan
5.       Menjadikan dirinya sombong

Penyimpangan aktualisasi diri dapat terjadi pada siapa pun, termasuk diri saya. Penyimpangan aktualisasi diri yang pernah saya alami adalah Manusia akan berusaha apapun hingga keinginannya tercapai. Termasuk diri saya. Berikut ini, penyimpangan aktualisasi diri yang pernah saya alami. Hanya karena ingin lulus SMA (Sekolah Menengah Atas) dengan nilai yang sangat memuaskan, membuat saya lupa untuk tetap mencari dan mengikuti tes-tes saringan mahasiswa baru di suatu Universitas yang ada, agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata I (S1).

Karena terlalu bersemangat dan berusaha mengejar target tersebut, membuat saya benar-benar melupakan satu hal, bahwa sambil kita tetap semangat belajar baik disekolah maupun di luar sekolah, mengikuti kursus (bimbel), kita juga harus tetap memantau jadwal-jadwal dalam penyaringan mahasiswa baru di berberapa Unviersiatas yang ada di Indonesia. Hal itu membuat saya sedikit kecewa, karena ada beberapa jadwal tes mahasiswa baru di Universitas Negeri yang saya tidak ikuti. Dari hal lain yang saya lupakan itu, menyadarkan saya bahwa perjuangan saya saat itu belumlah berakhir, karena masih ada jenjang pendidikan yang harus saya lalui dalam kehidupan saya. Tetapi, usaha saya tidaklah sia-sia, karena pada akhirnya saya benar-benar dapat lulus SMA dengan nilai yang memuaskan dan Alhamdulillah dapat tetap melanjutkan pendidikan ke Strata I (S1) di salah satu Universitas terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, yakni Universitas Gunadarma. Saya masuk ke Universitas ini, bukan sebagai cadangan kampus yang ingin saya daftarkan, tapi justru Universitas itu merupakan prioritas saya dalam memilih Universitas Swasta yang memang terbaik untuk diri saya ke depannya nanti. Dan pada akhirnya, saat ini saya senang bisa belajar dan menjadi mahasiswa dari Universitas yang saat ini saya jalani.

Kesimpulan yang bisa di ambil dari pengalaman saya di atas adalah aktualisasi diri merupakan hal yang sah-sah saja dilakukan oleh setiap manusia yang ada didunia ini, tapi ada hal yang perlu diingat! Boleh saya kita semangat dan berusaha keras agar aktualisasi dalam diri kita ini terwujud, tetapi kita tetap harus ingat ada hal lain yang justru harus kita ingat atau tidak boleh kita lupakan, yang tetap kita prioritaskan juga. Sebab, justru hal lain yang kita lupakan itulah, yang biasanya sangatlah penting dan berarti dalam kehidupan kita.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar