Jumat, 04 November 2011

Keluarga Dan Diri Kita Sendiri


KELUARGA...Yap mendengar kata itu, pastinya kita langsung teringat dengan orang-orang yang paling dekat dengan kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kata “Keluarga” itu sendiri berasal dari bahasa Sansekerta "kulawarga". Kata kula berarti "ras" dan warga yang berarti "anggota". Keluarga adalah lingkungan di mana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.

Keluarga juga merupakan kelompok sosial terkecil yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan kehidupan tiap insan manusia di dunia. Karena, dari keluargalah sifat, dan perilaku kita dapat terbentuk. Contohnya adalah saya sendiri. Saya merupakan anak ke-3 dari empat bersaudara, dimana ke-3 saudara saya adalah perempuan. Walaupun demikian, sifat dan perilaku saya tidak seperti saudara-saudara perempuan saya. Hal ini dikarenakan, orang tua saya lebih mengajarkan saya menjadi seorang laki-laki yang kuat, dewasa, mempunyai jiwa kepemimpinan, namun tetap menyayangi keluarga.

Dari kecil, didalam keluarga saya, Ayah saya selalu mengajarkan kepada saya untuk mendisiplinkan diri dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap tugas atau masalah yang sedang terjadi. Sikap tegas dari Ayah saya, dan sikap penyayang dari Ibu saya sudah ditanamkan kepada saya sebagai anaknya sedari masih kecil. Dan, Alhamdulillah saya telah tumbuh menjadi seorang laki-laki yang kuat, tegas, berani, peduli dan sayang terhadap sesama khususnya keluarga saya sendiri.

Begitulah, kehidupan lingkungan didalam keluarga saya, yang telah mengajarkan dan mebentuk diri saya menjadi seseorang yang lebih baik lagi dan insyallah bisa menjadi seseorang yang berguna bagi Agama, Bangsa, Negara, dan Keluarga. Karena, pada dasarnya sifat dan perilaku seorang anak bergantung kepada bagaimana kedua orang tua si anak mengajarkan, merawat, dan membentuk diri anaknya tersebut.

Oleh karena itulah, anak bagaikan kertas kosong, yang boleh diisi atau ditulis apa saja oleh si yang mpunya kertas, yakni keluarga (kedua orang tua). Maka dari itu, sebuah keluarga yang sehat dan harmonis, bisa dilihat dari bagaimana sifat dan perilaku seorang anak di dalam keluarga tersebut. Demikianlah, salah satu fungsi keluarga yang dapat mempengaruhi kehidupan seseorang.




Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar