Jumat, 04 November 2011

Pencapaian Terbaikku


Manusia tidak luput dari yang namanya kata “puas” terhadap apa yang telah dicapainya. Hal tersebut adalah wajar, karena setiap manusia menginginkan hal yang terbaik untuk kehidupannya. Keinginan manusia di dunia ini, pastilah banyak. Karena itulah, kebutuhan manusia di dunia ini pun juga banyak. Mulai dari kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. Tetapi, justru karena kebutuhan-kebutuhan dasar itulah yang memotivasi seseorang untuk lebih dan lebih lagi meraih kebutuhan yang mungkin lebih baik lagi dan menguntungkan untuk dirinya.

Dalam dunia psikologi, hal tersebut dikenal dengan yang namanya pencapaian pemenuhan kebutuhan diri manusia itu sendiri atau “Aktualisasi Diri”. Menurut Abraham Maslow, aktualisasi diri merupakan konsep motivasi manusia yang mengacu pada beberapa kebutuhan pokok yang disusun secara hirarki. Tetapi pada intinya, aktualisasi diri adalah kebutuhan naluriah pada manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa.

Seperti aktualisasi diri yang saya alami. Saat berusia lima tahun, saya disekolahkan oleh kedua orang tua di Taman Kanak-Kanak (TK) yang bernama TK MUTIARA 17 AGUSTUS, pada tahun 1998. Pada umur itulah, umumnya orangtua mulai memperkenalkan pendidikan formal kepada anaknya. Pendidikan TK ini menjadi kebutuhan dasar yang sangat penting demi menunjang semangat belajar dan tumbuh kembang saya saat itu. Setelah satu tahun menyelesaikan TK, saya melanjutkan pendidikan ke Sekolah Dasar (SD), di SD MUTIARA 17 AGUSTUS, pada tahun 1999. Saya menyelesaikan pendidikan SD selama enam tahun, mulai dari kelas I, II, III, IV, V, dan VI. Kemudian, saya melanjutkan pendidikan ke tingkat Sekolah Lanjut Tingkaat Pertama (SLTP), di SLTP MUTIARA 17 AGUSTUS, pada tahun 2005. Setelah menyelesaikan SLTP selama tiga tahun, kemudian saya masih melanjutkan pendidikan formal saya ke tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), di SMA KORPRI BEKASI, pada tahun 2008. Saat saya masih duduk dibangku SMA kelas II, hasil nilai pelajaran yang saya dapat mulai sangat memuaskan, sehingga membuat saya naik ke kelas III SMA dengan konsentrasi belajar jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Saat kelas III SMA inilah, perjuangan saya makin berat dan penuh tantangan, tetapi hal tersebut tidak membuat saya putus asa melainkan lebih membangkitkan saya agar bisa mewujudkan target atau harapan saya untuk lulus dari pendidikan formal SMA ini dengan nilai yang memuaskan, dan dapat melanjutkan ke tahapan pendidiakan yang lebih tinggi lagi yakni Perkuliahan Strata I (S1). Dan benar saja,,Alhamdulillah, kebutuhan akan pendidikan yang saya butuhkan dan yang berhasil saya lalui, membuat saya benar-benar bisa merasakan hasil dari jerih payah (usaha) baik dari kedua orangtua yang telah membiayai sekolah saya dan semangat serta usaha saya dalam menyelesaikan setiap pendidikan yang ada, akhirnya membawa saya ke tingkat yang lebih tinggi lagi, yakni lulus SMA dengan nilai yang memuaskan, dan melanjutkan pendidikan S1 di sebuah Universitas terbaik yang ada di Indonesia. Universitas itu adalah Universitas Gunadarma – Bekasi Kalimalang, pada tahun 2011. Dan hingga saat ini saya masih kuliah di Universitas tersebut.

Demikianlah, aktualisasi diri yang saya alami sendiri dalam bidang pendidikan formal yang saya jalani. Intinya adalah setiap orang pasti membutuhkan aktualisasi diri dalam kehidupan sehari-hari demi membawa dirinya ke tahapan yang jauh lebih baik dan bermanfaat untuk kehidupannya kelak di masa depan.

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar